BIOGRAFI

BIOGRAFI
Sejarah dan Profil Keseharian

KOLEKSI BUKU

KOLEKSI BUKU
Buku-buku yang pernah dirilis

TIPS BERMANFAAT

TIPS BERMANFAAT
Kumpulan Tips-tips Bermanfaat

TANYA JAWAB

TANYA JAWAB
Konsultasi bersama dokter Hanny

Animasi Slider

Cairan Agak Keputihan Tidak Berbau

29 January 2010


Dokter Hanny Yang Terhormat, Assalamualaikum Wr.Wb

Saya punya temen dekat (perempuan) punya masalah segan/takut menemui dokter kandungan untuk menanyakan kelainan berdasarkan pengakuan yang dialaminya, yaitu: sejak umur belasan tahun kalau tak salah... 14 th. Dia mengalami pengeluaran cairan agak keputihan, tidak berbau setiap hari. Dia merasa resah tapi tidak berani memastikan apakah itu sehingga saya memberanikan diri menanyakan kepada dokter hanny tanpa sepengetahuan dia.

Semoga dokter dapat membalas email ini dan banyak terima kasih, Assalamualikum..
(Pria, 32th, Indonesia)

Cairan agak putih yang keluar sedikit-sedikit tidak apa-apa jika merasa terganggu maka bisa minum rebusan air sirih atau dengan cebokan air sirih. Tetapi jika banyak maka bisa berobat ke dokter.

Letak G-Spot


Dok... di mana sih sebenarnya letaknya G-Spot itu?
Bagaimana agar dalam berhubungan titik tersebut bisa tersentuh? (gaya apa yg paling tepat & pas)

Sudah itu aja, tolong dijawab sedetail-detailnya. Makasih dok.....
(Wanita, 22th, Indonesia)

G-spot terletak di dinding atas dari vagina dan di belakang dari tulang kemaluan letaknya sepertiga atau setengah luar dari dinding vagina.

Dengan penis mungkin agak sukar, lebih mudah dengan jari.

Masukkan jari telunjuk dengan kuku menghadap ke bawah, ke dinding atas vagina, masuk terus menyusuri dinding atas tadi sampai menyentuh tulang kemaluan yang melintang di atas vagina. G-spot ada di sekitar belakang tulang tadi, ada yg meraba seperti kain satin. Lihat lampu indikatornya, kalau mata tinggal putih-putihnya saja, ya mungkin sudah pas (Pocong,... kali? Matanya cuma putih………)

Apakah Keputihan Mengakibatkan Kemandulan?


dr, Saya ada problem, sejak menstruasi pertama sampai sekarang berusia 27 thn saya mengalami keputihan setiap hari.

Pertanyaan saya:

  • Apakah penyebab keputihan itu?
  • Apakah keputihan mengakibatkan kemandulan?
  • Bagaimana cara pengobatannya?

(Wanita, 27th, Indonesia)

Keputihan bisa timbul karena stres, kekurangan gizi, infeksi, jamur. Jika keputihannya sampai berwarna, nyeri/gatal dan berbau maka keputihan mungkin yang disebabkan oleh infeksi dan harus segera diobati.

Cara pengobatannya datang ke dokter kandungan, biasanya akan diberikan obat anti jamur atau antibiotik untuk penyembuhannya.

Organ Kewanitaan Saya Sangat Sensitif


Dok, saya masih belum menikah. Saya mempunyai permasalahan yaitu organ kewanitaan saya sangat sensitif. Pada saat mandi dan dibersihkan dengan sabun haruslah dengan hati2, pelan dan lembut sekali karena kalo tidak akan sakit.

Begitu juga halnya setelah selesai kencing, maka waktu cebok haruslah hati2 sekali dan sedapat mungkin cukup dibersihkan dengan air tanpa tangan menyentuhnya, agar tidak sakit.

Apakah hal tsb normal? Bagaimana bila kelak sudah menikah? Bgm halnya dengan malam pertama? Saya takut bila kelak suami memasukkan punyanya, maka akan mengalami kesakitan yg hebat.

Terima kasih dok.
(Wanita, 23th, Indonesia)

Mungkin terjadi hypersensitivitas di alat kelamin anda, tetapi menurut saya, telah terjadi mungkin terjadi masalah sugesti, mungkin anda merasa dosa terhadap alat kelamin anda sehingga timbul rasa sakit di alat kelamin anda.

Mungkin ada background psikologis. Hal itu bukan penyakit tetapi mungkin saja disebabkan oleh infeksi, lihat saja apakah terdapat kemerahan di sekitar alat kelamin anda, kalau warnanya merah dan jika diraba terasa lebih panas maka itu disebabkan oleh infeksi tetapi nggak mungkin berlangsung cukup lama.

Berhubungan Intim Di Luar Nikah


Assalamu'alaikum, Dok

Dengan hormat. Saya ingin menanyakan, apakah seseorang yang pernah berhubungan sama pacarnya tapi tidak sampai dimasukin penisnya, hanya diluar saja. Apakah bisa dibilang perawan? Trus, apakah saya perlu periksa sama dokter tentang keperawanan tersebut? Saya sekarang merasa sangat bersalah.

Dok, saya mau bertaubat tapi apakah diterima taubat saya? Trus, apakah saya bisa dapat suami yang tidak seperti pacar saya sebelumnya? Saya sangat khawatir akan hal itu. Karena pacar saya sekarang tidak mau diajak untuk nikah. Alasannya masih mau berkarir. Saya sekarang kuliah.

Dok, apakah jika ada calon suami saya sekarang, perlukah saya mengatakan bahwa saya pernah berhubungan intim dengan pacar saya dulu? Saya benar-benar menyesal akan tindakan saya dahulu.. Wassalam

(Wanita, 21th, Indonesia)

Mengenai keperawanan, itu tergantung seberapa jauh masuknya. Kalau benar-benar di luar saja sih tidak akan merusak keperawanan, tetapi kalau sudah masuk satu senti, dua senti mungkin bisa saja mengganggu selaput perawan anda. Anda tidak perlu memeriksa selaput dara anda ke dokter.

Jika anda ingin bertobat cepatlah bertobat, kalau memang niat anda sungguh-sungguh pasti Allah akan menerimanya karena Allah itu Maha Pengampun.

Mengenai pacar anda yang tidak mau diajak nikah, ya.. silakan saja anda tentukan.

Ada dua pilihan macam laki-laki. Yang satu adalah yang ingin seks, sedangkan yang satu adalah yang ingin menikah. Orang-orang yang ingin menikah, tidak akan mengganggu anda secara seksual, karena ia akan betul-betul menginginkan malam pertama yang indah.

Kalau memang mereka sudah melakukan seks secara kontinyu, maka kemungkinan besar tidak akan mau menikah. Ada laki-laki yang hasrat seksualnya besar, tapi tidak memiliki uang untuk pergi ke penjaja seks, maka mereka akan mencari seks yang gratisan. Kalau anda menolak, ya mereka akan cari orang lain yang mau diajak seks bebas. Itulah masalahnya terutama pada mahasiswa.

Anda tidak perlu takut, kalaupun anda ingin memeriksakan diri ke dokter, nanti saja jika akan menikah sebab kalau dilakukan sekarang, nanti justru akan menimbulkan stres pada diri anda. Jangan pikirkan hal-hal yang sudah lewat, pikirkanlah masa depan.

Masa lalu boleh dipakai sebagai bahan pelajaran sebagai pengalaman, dan lakukan hal yang lebih baik di masa depan.

Ukuran Klitoris Tergantung Pembawaan


Saya merasa clitoris saya kok kecil sekali terhalang oleh labia minora dan jika saya pegang dibagian labia minora, terasa agak menebal kulitnya seperti ada jendolan lunak.

Dulu saya pernah mendapatkan benjolan kecil di labium minora bagian kiri tapi karena tidak sakit saya biarkan. Saya juga menderita keputihan sejak SMA dulu pernah diobati tetapi sekarang tetap ada.

  • Apakah organ seks saya mempunyai kelainan?
  • Apakah dengan keadaan klitoris seperti itu, air seni dapat tidak terbersihkan sempurna?

(Wanita, 21th, Indonesia)

Ukuran klitoris tergantung pembawaan (genetik) masing-masing, seperti penis pada pria bisa besar bisa kecil.

Klitoris adalah miniatur penis pada pria dengan ukuran yang berbeda-beda pula. Ada yang tertutup oleh labia minora mirip pria yang kulumnya dibuang saat sunat, kulum tsb. ada yang panjang ada yang pendek.
Pada pria juga banyak yg kulumnya lengket dan tidak dapat dibuka sehingga sukar dibersihkan. Benjolan kecil yang ada pada labia minora sebelah kiri, mungkin adalah suatu kelenjar keringat yang terbuntu. Tidak berbahaya.

Anda harus tahu bahwa klitoris dan air seni tidak ada hubungannya. Kelamin wanita berbeda dengan kelamin pria, walaupun klitoris adalah mirip penis yang kecil akan tetapi penis berisi saluran kencing (yang juga tempat pengeluaran sperma) dan klitoris bukan saluran kencing. Perlengketan klitoris pada labia minora penyebabnya adalah infeksi. Periksakanlah ke dr. Kulit & Kelamin.

Rasa Sakit Karena Diobati Dengan Albothyl


Saya punya penyakit, nih. Di vagina saya ada luka/infeksi (sampai bernanah), padahal saya setia sama pasangan saya. Saya sudah periksa ke ginekolog, katanya karena lecet dan bertambah parah karena pasangan saya 'tidak bersih'. Waktu diobati oleh dokter, saya tidak tahu apa yang dilakukan tapi rasanya kayak dibakar. Terus dikasih obat (pil), saya lupa namanya untuk diminum seminggu.

Setelah puasa seks 12 hari saya berhubungan lagi dengan pasangan saya, tapi setelah itu masih terasa nyeri di vagina. Apalagi kemudian saya memakai Betadine vagina.

Pertanyaan saya: Kapan sembuhnya sih? Soalnya saya 2 bulan lagi mau menikah nih...

Kalau bisa dokter kasih penyembuhan yang hemat biaya tanpa harus periksa ke dokter lagi, abis mahal!
(Wanita, 25th, Indonesia)

Mungkin rasa dibakar tersebut karena diobati dengan Albothyl. Kemudian rasa nyeri ketika berhubungan lagi itu, mungkin karena anda merasa takut dan lubrikasi di vagina menjadi hilang.

Sebaiknya sih,.. kalau anda ingin menghemat biaya ya.. jangan berhubungan seks dulu. Lalu apakah anda sudah ber-KB atau belum? Sebab kalau anda hamil minggu depan bagaimana? sedangkan anda sebentar lagi akan menikah. Kalau tinggal 2 bulan lagi, mungkin bisa anda tahan dulu sehingga nanti akan terjadi pernikahan yang bergairah.

Saya ucapkan selamat atas pernikahan anda.

Arah Rahim Ke Belakang (Retroflexi)


Saya dan suami sama-sama berusia 34 tahun dan sudah menikah selama 5 tahun lebih.
Saya mempunyai masalah rahim terbalik (retro) tetapi selebihnya normal (bebas TORCH, tidak ada penyumbatan, tidak ada kista & endometriosis, sel telur ada) sedangkan suami mempunyai masalah pada spermanya (kuantitas cukup, tetapi sperma yang lurus sangat sedikit dan yang cepat tidak ada).

Kami sudah melakukan IBS setahun lebih yang lalu dan berhasil. sayangnya pada usia kehamilan hampir 7 bulan, bayi mati dalam kandungan dengan alasan tali pusar terpuntir.

Yang akan saya tanyakan :

  • Menurut dokter kejadian ini cukup langka (apa benar?), tetapi akankah terulang lagi pada kehamilan saya berikutnya ?
  • Apakah kejadian tsb. merupakan kesalahan si ibu (saya), kekurangan zat tertentu, keteledoran dokter atau memang suatu hal yang diluar kekuasaan kita ?
  • Apakah kualitas sperma mempengaruhi hal tsb. di atas ?
  • Dengan masalah kami berdua, apakah kemungkinan kehamilan keberhasilannya lebih dengan metode IBS dari pada alami?
  • Apakah keadaan rahim saya perlu diperbaiki ? (menurut dokter tidak perlu karena saya sudah terbukti bisa hamil)

Sekian dan terima kasih.
(Wanita, 34th, Indonesia)

Anda memiliki arah rahim yang ke belakang atau retroflexi. Menurut penelitian wanita Indonesia lebih banyak yang memiliki arah rahim terbalik atau retroflexi dibandingkan dengan anteflexi.

Bayi yang meninggal dalam kandungan dengan tali pusat melintir memang sangat jarang terjadi, tapi pada kehamilan berikutnya kemungkinan besar tidak terjadi lagi.

Hal ini bukan akibat kesalahan ibu tapi karena pergerakan anak dan juga tidak dipengaruhi oleh kualitas sperma. Kemungkinan dengan metode IBS bisa lebih besar daripada alami. Keadaan rahim anda tidak perlu diperbaiki.

Efek Samping Menggunakan Perangsang Vibrator


Setahun lalu seorang teman dekat saya meraba bagian bawah alat kelamin saya. Semula memang dia cuma mencium saya. Herannya saya nggak bereaksi dan sama sekali nggak merasa terangsang. Makanya dia langsung meremas bagian bawah itu.

Mulanya saya tetap tidak terasa apa-apa, lama-lama terasa sakit sekali. Esok harinya, setiap kali buang air kecil, saya kesakitan. Sehari setelah kejadian itu saya mendapat mens dan lagi-lagi terasa sakit. Saat saya diperlakukan seperti itu, baik dia maupun saya dengan kesadaran penuh tidak berbuat lebih dari batas itu.

Yang membuat saya bingung, sejak kejadian itu, saya gampang terangsang. Ingat kejadian setahun lalu, lihat gambar merangsang bahkan sedang merindukan kekasih, saya bisa langsung "naek". Dan, kalau sudah naik.... wah.... saya sampai bingung harus bagaimana. Saat saya kecil itu, tanpa sengaja, saya mendapati semacam alat getar untuk memijat.

Alat ini digerakkan oleh 3 batu baterai sedang dan bentuknya memanjang dengan ujung membulat. Kalau dinyalakan menimbulkan bunyi lumayan keras. Waktu itu tanpa sengaja pernah saya sentuhkan ke alat vital. Ternyata itulah kali pertama saya tahu kalau terasa ada yang 'enak'. Tapi, sehabis itu, saya tidak pernah memakai lagi. Pikiran anak kecil, takut dosa.

Sekarang, tiap kali saya terangsang tadi, saya melakukan hal yang sama. Namun kali ini lebih kuat dan saya bisa merasakan kenikmatan yang menurunkan apa yang membuah saya "naik" tadi.

Pertanyaan saya:

  • Kejadian setahun yang lalu itu apakah memang menjadi cikal bakal saya seperti sekarang???
  • Teman dekat saya bilang, saya perempuan dingin, susah dirangsang. Betulkah?
  • Apakah dengan alat bantu seperti di atas mempunyai efek samping? mengingat terkadang saya merasakan mulai memanas di sekitar alatnya?
  • Mengapa saya masih merasa sakit kalau teman saya itu selesai 'bergerilya' lagi?

(Wanita, 26th, Indonesia)

Saya rasa kejadian setahun lalu tersebut, bukan penyebab utamanya karena ini adalah suatu proses yang sudah berlangsung sejak kita kecil. Tidak betul karena itu anda menjadi sangat mudah terangsang.

Ya.. kita tahu bahwa vibrator itu memiliki frekuensi yang sangat cepat. Yang saya takutkan, kalau anda sudah terbiasa menggunakan vibrator, anda nanti akan sulit terangsang secara normal. Jadi janganlah digunakan vibrator itu, kecuali kalau anda sudah menikah dan sudah terpaksa menggunakannya karena efek sampingnya adalah berkurangnya sensitivitas pada alat kelamin anda.

Kalau anda merasa sakit, mungkin terjadi infeksi.

Labium Minora Ada Putih-putih


Dok, saya mau tanya. Saya berumur 21 tahun, wanita, belum menikah.

Di sekitar labium minora saya ada putih-putih. saya kaget bukan main, saya kira kena penyakit. Putih-putih ini bisa dihapus dengan tangan atau tisu basah, tapi daerah yang kena putih ini sampai ke dalam lubang vagina (kalo nggak salah).
Saya sudah buang yang di luar labium minora, tapi yang dalam saya nggak berani takut kena selaput dara.

O ya dok, saya merasa gatal di daerah sana sebelumnya. Setelah ‘putih-putih’ itu dibuang, gatalnya berkurang. Kenapa bisa gatal ya ?
(Wanita, 21th, Indonesia)

Putih-putih yang anda temukan pada vagina anda biasanya sejenis jamur atau keputihan yang banyak sehingga membentuk penggumpalan. Keputihan ini dengan mudah bisa diatasi.

Sebaiknya anda pergi ke dokter agar dapat diobati. Untuk mencegahnya, jaga kebersihan dalam, banyak makan susu asam (Yoghurt) bila lambung anda kuat dan jangan menggunakan penutup atau pakaian dalam atau celana yang ketat & panas.

Kista Bisa Terpuntir

28 January 2010


Hallo dok.. Perkenalkan nama saya ***** di Bandung, saya umur 30 tahun, baru menikah 3 mei 2009, saya belum punya anak dan belum pernah melahirkan, saya mau curhat juga nich sekalian bertanya......,

Saya tadinya mau berobat kepada dokter tp skrng praktek dimana yah dok?..., sebenarnya saya sudah pergi ke dokter spog di rumah sakit ***** dgn dokter ***** ....

Saya skrang mengalami penyakit yang sangat membuat saya sedih dok, saya sudah dua bulan ini mens saya ada pendarahn banyak dan selalu tidak teratur, kemudian sy pergi ke dokter spog ternyata saya terkena kista kiri dgn ukuran 7,dan kista itu membesar, sbnrnya knp yah dok kista itu cpt membesar diakibatkan apakah karena stres dan makanan yg tidak sehat? dan makanan apakah itu yg bisa membesarkan kista?

Terus bln kedua ini saya mens bnyk pendarahn disertai sakit sekali dibagian perut, dan ternyata saya dicek usg lagi kista saya terpuntir karena sudah membesar,apakah terpuntir itu tetap harus diangkat dok,saya sudah menjalani tes darah tumor marker dan CA -125 hasilnya 11,56, apakah hasil yang sya dapatkan, kista saya tidak berbahaya dan bukan kanker rahim kan dok?

terus apakah kalo kista denga mengecil bisa tidak terpuntir lagi? jujur dok.. saya sangat takut dioperasi... dan keuangan saya pun tidak memungkinkan.... setau saya, saya bisa dioperasi seharga 12 juta sampai 18 juta, semahal itukah dok? dan kalo saya operasi dengan dokter hanny Rono kira2 berapa yah dan haruskah kista terpuntir itu diangkat dan akn hilang semuanya, karena kata dokter ***** di saat operasi kistanya hanya dibuang ssebagian dan tidah sampai habis karena saya belum melahirkan, berarti akn membesar lagi dong dok kista saya, percuma saya operasi, apakah dengan obat herbal kista saya dapt mengecil dok dan hilang?

Maaf saya banyak bertanya karena saya bnr2 panik sekali ...... dan saya ingin bnyk tau dan harus bagaimana....saya sudah tidak kuat sakit dan masih pendarahn sampai skrng...apakah saya harus diteruskan dengan obat herbal saya?

Terima kasih atas waktunya telah membaca keluhan saya dok.. mungkin panjang sekali ... tapi setidaknya biar saya tidak pesimis dengan penyakit kista saya, tolong dijawab yah dok ....makasih banyak.

Semoga Dokter Hanny Rono selalu sehat dan dalam lindungan Allah SWT, Amien
(Wanita, 30th, Indonesia)

Ya semua kista bisa terpuntir, dan kalau terpuntir harus dibuang, soalnya ditempat puntiran pasti terdapat bekuan darah yang kalau lepas, bekuannya bisa terbawa darah kemana mana dan bisa menyumbat dan bisa berbahaya, bisa menyebabkan stroke atau bahkan kematian bila menyumbat di daerah vital. Penyebab kista belum jelas sampai saat ini. Tidak semua penyakit bisa dijelaskan karena masih merupakan rahasia Allah yang Ilmu-Nya Maha Luas, tak seperti manusia. Kalau benar terpuntir harus operasi ya, berbahaya.

Tempat praktik saya:
RSIA Hermina Pasteur
Jl. Dr. Djundjunan No. 107 Pasteur Bandung
Telp. (022) 6072525
Senin-Sabtu mulai pukul 19.00 WIB


View Larger Map

Mengapa Saya Tidak Menstruasi Lagi

26 January 2010


Pada tanggal 30 Mei 2000 saya melahirkan anak pertama saya (laki-laki)lewat operasi setelah itu saya tidak pernah mengalami menstruasi (hanya ada bercak coklat sedikit) tapi saya belum melakukan tes urine.

Saya adalah wanita bekerja jadi saya tinggalkan anak saya bekerja ketika ia berumur 1 bulan.Pagi hari sampai jam 15.00 anak saya meminum susu formula dan setelah itu ia minum ASI. Pertanyaan :

  • Mengapa saya tidak menstruasi lagi ?
  • Kalau hasil tes urinenya negatif, apakah itu berarti saya sehat-sehat saja ?

Sekian pertanyaan saya, terimakasih atas jawabannya.
(Wanita, 28th, Indonesia)

Jika anda menyusui maka mens akan telat datang. Jika menyusui tersebut maka hormon menyusui tersebut akan menghalangi hormon mens. Anda sehat.

Posisi Hubungan Intim Bisa Hamil


  • Bagaimana kalau datang bulan istri saya tidak teratur kadang maju lima hari disetiap bulannya kadang mundur?
  • Dapatkah istri saya hamil sedangkan dalam melakukan hubungan intimnya hanya dilakukan seminggu sekali?
  • Adakah pengaruh posisi dalam hubungan intim bisa mempengaruhi kehamilan?

Demikian dokter pertanyaannya tolong dijawab langsung sama dokter
(Pria, 25th, Indonesia)

Haid yang tidak teratur itu menunjukkan bahwa fungsi dari ovarium tidak baik. Ovulasinya tidak baik, itu menyebabkan kadang-kadang siklusnya subur, kadang-kadang tidak subur. Siklus yang subur itu biasanya di sekitar 28 hari.

Bisa saja istri anda hamil jika hubungannya hanya seminggu sekali, hanya kemungkinannya agak berkurang. Karena kita tahu, ovulasi hanya terjadi 24 jam dan kalau pada waktu itu tidak ada sperma maka anda harus menunggu sebulan lagi.

Posisi yang baik agar bisa hamil adalah dengan posisi wanitanya di bawah, karena kalau wanita di atas, sperma akan bisa dengan cepat keluar lagi.

Sering Kesakitan Selama 4 Hari


Saya mau tanya soal menstruasi, saat mens saya suka mengalami kesakitan selama 4 hari, apa ini berbahaya. Pernah dengar katanya harus periksa ke dokter (dalam rahim takut ada kanker). Anak saya udah 5,9th,dan kenapa kok belum punya adik.
(Wanita, 27th, Indonesia)

Kalau anda mens 4 hari, sakit 4 hari, kemungkinan itu karena penyakit yang disebut Endometriosis. Yaitu penyakit yang disebabkan adanya menstruasi di tempat yang tidak benar.

Karena terjadi di tempat yang tidak benar, maka anda akan kesakitan karena darah mens itu mengganggu jaringan-jaringan di sekitarnya.

Kalau anda mensnya 7 hari, sakitnya +/- 1-2 hari, itu mungkin disebabkan oleh hal lain, seperti rahim anda yang kaku dan tekanan dari darah mens membuat otot-otot rahim yang kaku menjadi sakit.

Mengenai masalah mengapa anda belum hamil juga, sebaiknya anda periksakan ke dokter, karena masalah kemandulan itu banyak sekali penyebabnya, namun yang sering adalah adanya penyumbatan dalam saluran telur oleh infeksi. Kalau anda memang mau, coba diperiksa HSG di lab rontgen, Mungkin ada penyumbatan saluran telur, ini penyebab kemandulan terbanyak, mungkin akibat infeksi TORCH/Clamydia dll.

Obat Profertil Menyuburkan Kandungan


Begini dok, saya seorang wanita yang sudah menikah satu tahun tapi belum diberi momongan. Saya pernah hamil tapi karena dokter bilang benihnya kurang bagus maka dilakukan aborsi dan diberi obat. Selang 3 bulan saya kembali karena ingin cepat punya anak, lalu dokter memberi obat profertil untuk menyuburkan kandungan. Saya minum obat itu selama dua bulan tapi belum ada reaksinya, kemudian saya mencoba pengobatan alternatif dan sekarang ini saya ingin sekali punya anak.

Apakah saya harus beli obat profertil lagi atau adakah cara atau obat yang lebih akurat dan cepat dalam pemrosesannya, karena mengingat usia saya yang sudah 29 tahun.
Kemana saya harus berkonsultasi ? Terimakasih
(Wanita, 29th, Indonesia)

Kehamilan tidak mudah terjadi hanya dengan minum profertil, karena banyak faktor yang mempengaruhinya. Tapi anda jangan khawatir karena sebelumnya anda bisa hamil walaupun benihnya kurang bagus karena anda kurang berdoa, mungkin. Kemungkinan anda untuk hamil cukup besar.

Cobalah untuk melakukan hubungan seksual secara teratur 3 hari sekali, letakkan sperma selama mungkin dalam vagina, dan banyak berdoa.

Jangan khawatir, insya Allah dalam 3 bulan anda dapat hamil. Dan jangan terlalu memaksakan diri, karena stress akan menyebabkan anda sulit untuk hamil.

Makin rileks suasana hati anda makin mengkondisikan suasana hati anda untuk kemudahan mendapatkan kehamilan.

Haid Tidak Teratur Selama 5 Tahun


Dokter Hanny yang terhormat,
Dokter saya menikah bulan Maret 1999 dan hingga sekarang belum ada tanda-tanda kehamilan. Pada bulan Agustus saya tidak haid ternyata hanya terlambat 21 hari.

Kemudian bulan September itu adalah haid terakhir, karena hingga saat ini saya belum haid.Sewaktu saya periksa dengan test pack ternyata hasilnya negatif. Perlu dokter ketahui, saya pernah mengalami haid yang tidak teratur selama kurang lebih 5 tahun (1990 - 1995) dan alhamdulillah tahun 1996 sembuh dengan sendirinya dan baru kambuh lagi bulan Agustus-September 1999.

Saya agak segan periksa ke ginekolog di kota ini (saya sudah terbiasa dengan ginekolog di Surabaya sedangkan saat ini saya tinggal di Bandung).
Apa yang mesti saya lakukan dok? Terima kasih atas perhatiannya
(Wanita, 29th, Indonesia)

Jika anda sering terlambat mens menunjukkan siklus yang tidak subur jadi ini pertanda jelek. Jika terlambat mens 1-2 hari dapat dites kehamilan.

Jika hasilnya positif segera ke dokter jika negatif hal tersebut pertanda siklus menstruasi anda terganggu. Mengenai masalah sel telur, dapat digunakan hormon yang dapat merangsang ovulasi yang diberikan resepnya oleh ginekolog.

Pemberian hormon tersebut harus dilakukan oleh ginekolog yang cukup berpengalaman dan mempunyai alat yang dinamakan Ultrasonografi. Pemberian hormon tersebut harus dipantau dosisnya setiap hari.

Kalau dosisnya terlalu kecil tidak ada gunanya, jika terlalu besar akan menimbulkan hiperstimulasi yang menimbulkan terjadinya kista.

Jadi pemberian hormon perangsang ovulasi bukan merupakan hal yang mudah dan harus dipantau setiap hari. Sebaiknya anda segera memeriksakan diri pada dokter kandungan agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Menghilangkan Rasa Perih dan Gatal


Sudah satu tahun tujuh bulan ini saya belum juga dikaruniai anak. Saya dan suami sudah periksa ke dokter dan katanya tidak ada masalah.

Tapi dok, menstruasi saya kadang-kadang tidak teratur apakah itu sebabnya sehingga untuk menghitung masa subur jadi sulit ?? Terus dok, baru belakang ini saya vagina saya seperti lecet karena suami saya mencukur bulu dikemaluan saya dengan mempergunakan after save. Apakah itu tidak berbahaya soalnya setelah itu saya membersihkan dengan sabun.

Tapi dok, kenapa setelah bulu2 itu tumbuh terasa gatal dan vagina saya terasa perih apalagi setelah berhubungan sehingga mengeluarkan semacam keputihan tapi tidak encer melainkan berwarna putih tapi agak kental dan tidak encer.

Yang ingin saya tanyakan :

  • Apakah mencukur dengan menggunakan after shave tidak berbahaya ?
  • Bagaimana cara menghilangkan rasa perih dan gatal ?
  • Apakah bisa disebabkan dengan air (kebetulan di kantor saya menggunakan alat penyemprot)
  • Bagaimana agar saya cepat punya anak ?

Terima kasih atas jawabannya.
(Wanita, 29th, Indonesia)

Kalau mens anda tidak teratur menunjukkan siklus subur dari indung telur anda tidak sempurna.

Tentang vagina anda yang lecet dan perih, saya rasa tidak apa-apa, gatal yang anda rasakan karena bulu kemaluan yang baru dicukur pendek akan keras dan terkadang terasa gatal dan menusuk.

After shave tidak berbahaya karena memang digunakan setelah pencukuran untuk membunuh kuman dan mengobati luka-luka kecil akibat pencukuran. Perih dan gatal yang anda alami akan hilang dalam 1-2 hari. Hal itu bisa juga terjadi jika air yang disemprotkan tidak bersih.

Agar dapat segera memiliki anak, anda dapat melihat skema di halaman berikut [ download versi pdf di sini ] untuk mengetahui permasalahan apa saja yang bisa menghambat dan bagaimana menanggulanginya.. Jangan lupa berdoa.

Sperma Masuk Melalui Tangan

19 January 2010


Saya ingin bertanya sangat penting kepada dokter. Langsung saja ya,… saya pernah seks bebas tapi tidak bebas sekali kalau bagian atas sih biasa tapi kalau bawah (vagina) saya cuma pegang.

Sewaktu itu saya terlalu lupa diri, saya menyentuhnya ketika dia masih pakai rok dan saya masuk lewat atas rok menyelip sampai ke dalam vagina pacar saya. Yang saya khawatirkan, tangan saya ada bekas sperma soalnya kalau saya berdua melakukan kiss dan lain-lain, saya agak terangsang sampai air mani saya keluar.

Saya ingin tanya sama dokter apa bisa sperma saya masuk ke dalam vagina dia lewat tangan yang saya masukkan ke dalam vagina dia soalnya sudah 1 atau 2 minggu ini sejak kejadian itu dia belum dapat juga dan katanya dia sedikit mual walaupun tidak serius atau berlebihan atau itu hanya perasaan dia saja saya tidak tahu.

Bisa tidak di tes melalui alat pengetes? tapi kami berdua agak malu dan takut dan saya juga sudah bertobat kepada yang atas serta memohon doa agar kejadian ini tidak terulang dan supaya kejadian itu tidak menghasilkan sesuatu yang hidup. Saya mohon kepada dokter soalnya saya tidak bisa tenang menghadapi semacam ini.Kami berdua sambil menunggu supaya dia mendapat menstruasi. Saya perlu jawabannya dan solusinya, dokter.
(Pria, 21th, Indonesia)

Kalau sperma masih basah dan terdapat di tangan anda, memang akan bisa dengan mudah masuk ke dalam vagina. Jika ini terjadi, maka kemungkinan besar bisa menimbulkan kehamilan. Tetapi, jika sudah kering 10 menit maka sperma akan mati dan tidak mungkin akan terjadi kehamilan pada pacar anda.

Anda dapat mengetesnya dengan alat tes kehamilan yang dapat anda beli di apotik. Beberapa alat tes kehamilan yang sensitif dapat diketahui hasilnya jika dilakukan sampai 1 hari sebelum mens.

Tolong perbuatan ini jangan diulangi lagi.

Petting Dapat Mengakibatkan Kehamilan


Dok, saya tidak yakin kalau petting dapat mengakibatkan kehamilan apalagi keduanya memakai celana baik dalam maupun luar sebab saya pernah baca suatu artikel di majalah Australia tentang hal ini. Di dalam artikel itu disebutkan bahwa sperma dapat mati dalam 2 menit bila terkena udara dan bila terkena serat benang, sperma juga akan mati karena terkena zat tertentu yang ada pada serat benang itu (misalnya baju atau celana dalam). Nah, hal ini membingungkan saya.

Pertanyaan saya, apakah benar sperma yang bilamana terkena udara dapat mati dalam 2 menit?
Lalu benarkah sperma juga dapat mati bila terkena serat benang?
(Wanita, 20th, Perth)

Terima kasih atas tanggapan anda. Dari pengetahuan anda, sperma akan mati dalam 2 menit apabila terkena udara. Hal ini sebenarnya sedikit terlalu cepat karena kalau kita lihat bahwa sperma bila disimpan di luar, antara 15-30 menit mungkin masih ada sekitar 50-60% yang hidup dan kalau sperma terkena zat tertentu yang ada pada benang-benang dari kain ada kemungkinan dia akan cepat mati. Kalau zat itu adalah zat kimia, saya setuju kemungkinan ada reaksi yang menyebabkan si sperma akan mati terlebih dahulu. Akan tetapi biasanya pakaian kita itu kan sudah sering dicuci jadi dia sudah terbebas dari zat-zat kimia yang ada dalam kain itu.

Jadi apa yang saya katakan bahwa petting itu dapat menyebabkan kehamilan itu berdasarkan pengetahuan dan pengalaman klinis yang saya dapatkan. Jadi itu suatu yang real bukan sesuatu yang teoritis. Sebagai dokter kandungan, saya sudah mendapatkan beberapa kali orang-orang yang melakukan petting dan terjadi kehamilan.

Bahwa yang saya katakan di acara BUKA PINTU ada yang melaporkan petting dengan memakai blue jeans itu suatu kasus ekstrim yang saya kemukakan. Jadi percayalah dan berhati-hatilah bahwa petting dalam keadaan berpakaian itu juga dapat menimbulkan kehamilan.

n.b. Buka Pintu acara radio sex/keluarga di radio Maragitha FM 106.85 Bandung

Kehamilan Karena Gesekan Alat Vital


Dok, saya pernah melakukan gesekan alat vital saya dengan pacar saya dengan menggunakan pakaian lengkap (saya bercelana jeans dan pacar saya menggunakan rok panjang) dengan posisi tubuh saya menindih pasangan saya dan melakukan hal ini sudah tiga kali, waktu itu sperma saya keluar. Pertanyaan saya apakah akan terjadi kehamilan kerena untuk bulan ini pacar saya terlambat menstruasinya.
(Pria, 21th, Indonesia)

Bisa hamil, sperma itu bisa berenang pada media cairan, pada saat wanita terangsang pada alat kelaminnya akan mengeluarkan cairan sehingga sperma tersebut bisa berenang melewati kain-kain tersebut.
Kapan ngundang saya resepsi kilatnya??

Bertahan Lama Bersetubuh


Dok, kalo kebanyakan onani ada pengaruhnya enggak ke tubuh atau perkembangan seseorang.terus pas waktu air mani mau keluar,kelamin saya genggam supaya air mani itu tidak keluar.ada pengaruhnya enggak.kalo saya lihat di film-film banyak silaki mengeluarkan air mani waktunya lama,sekitar 15-30 menit. Apa bener? (tidak make obat kuat).

Terus.. kuat tidaknya laki-laki bertahan tergantung pada apa dan caranya supaya bertahan lama bersetubuh.

O..ya,saya pengen tau,kan kalo laki sudah mengeluarkan air mani lemes.nah,kalo wanita kapan dia mengeluarkan sel telur.
Sebab kalo saya nonton,wanita itu enggak pernah terlihat cape atau lemes.

Kalo lakinya belum mengeluarkan sperma,wanita asyik menikmatinya. Dengan kata lain wanita lebih kuat dari laki atau kalo wanita mengeluarkan sel telur,lemes enggak seperti laki-laki.
(Pria, 21th, Indonesia)

Tidak ada pengaruh, jika ditahan itu nantinya juga akan keluar pada saat genggamannya dilepas atau akan keluar pada saat anda kencing. Bukan bener atau tidak, karena film itu merupakan trik dari kamera saja.

Menurut Prof. Master and Johnson bahwa normalnya pria akan ejakulasi pada senggama adalah 3-5 menit. Mungkin dengan teknik- teknik lain bisa juga mencapai lebih dari 5 menit. Tetapi untuk normalnya adalah 3- 5 menit.

Ada laki- laki yang baru bisa mengeluarkan sperma itu 1-2 jam hal ini disebut priapismus, laki- laki seperti ini mengalami kesusahan mengeluarkan sperma, dan biasanya ereksinya sangat keras terkadang menyebabkan kesakitan pada pasangannya.
Kalau kuat tidaknya tergantung pada sensitivitas dan kemampuan orang untuk mengatur konsentrasinya.

Jadi yang penting adalah di otak, bagaimana kita bisa mengontrol dengan baik kecuali jika anda priapismus.

Sel telur hanya dikeluarkan 1 kali dalam satu siklus, jadi jangan samakan keluarnya sperma dengan keluarnya sel telur. Keluarnya sel telur itu menandakan bahwa wanita dalam keadaan subur. Tepatnya 14 hari sebelum mens berikutnya. Wanita akan menjadi agak basah pada saat terangsang bukan pada saat orgasme, justru jika wanita orgasme maka akan sedikit lebih kering. Perempuan itu orgasmenya lebih lama jika dibandingkan dengan laki- laki yaitu sekitar 15- 20 menit.

Capek dan Sangat Muak


Dok, saya mau tanya kalo menggesek-gesekkan kemaluan (Cowok) ke kemaluan cewek tapi nggak dimasukkin apa bisa hamil ? gimana caranya untuk berhenti Onani ?
saya sudah capek dan sangat muak (maaf..) tiap saya nggak onani pasti badan saya rasanya aneh (Suka timbul keringat dingin dll). sekian surat dari saya
(Pria, 23th, Indonesia)

Bisa hamil jika spermanya keluar dekat vagina, karena sperma tersebut bisa berenang. Sebaiknya anda cepat-cepat menikah.

Kecanduan Berhubungan Intim


Saya mau nanya apa berhubungan intim bisa membuat orang kecanduan? saya pernah hampir melakukan, setelah itu saya hampir setiap hari memikirkannya? tolong dijawab
(wanita, 18th, Indonesia)

Bisa kalau hubungan intim itu sangat memuaskan. Satu hal yang harus anda sadari bahwa antara laki-laki dengan wanita itu ada garis pembatas yang sangat membedakan.

Pusat kepuasan laki-laki pada kelaminnya tetapi pusat kematian wanita adalah di kelaminnya. Dan itu berkaitan dengan seksual.

Jika anda mahasiswi maka sebaiknya anda menjaga keperawanan anda yang tidak bisa dioperasi atau diganti jika keperawanan itu rusak.

Silahkan anda beremansipasi di bidang lain jangan di bidang seksual. Karena kerugian anda akan anda bawa sampai mati, sedangkan laki- laki tidak mengalami resiko seperti yang wanita tanggung.

Hamil Saat Menstruasi


Apakah mungkin saya hamil, jika berhubungan seks ketika sedang menstruasi?
(wanita, 19th, Puerto Rico)

Tidak, hal itu tidak mungkin terjadi, karena kehamilan hanya terjadi selama terjadi ovulasi dan ovulasi hanya terjadi pada waktu 14 hari sebelum menstruasi yang akan datang.

Belum Mau Mempunyai Anak


Dokter,
Saya berumur 25 th dan sudah menikah..
tetapi saya dan suami belum mau mempunyai anak. Kami melakukan hubungan suami istri tetapi suami saya mengeluarkan spermanya di luar untuk menghindari kehamilan.
Yang ingin saya tanyakan :
Apakah air mani mengandung sperma?
Apakah yang disebut air mani itu sama dengan pelumas?
Dapatkah air mani menyebabkan kehamilan?
Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.
(Wanita, 25th, Indonesia)

Air mani mengandung 2 unsur yaitu spermatozoa serta air yang mengandung zat makanan dan unsur yang penting untuk kehidupan spermatozoa. Dalam 1 cc air mani terdapat 50-200 juta spermatozoa. Air mani yang keluar saat berhubungan seksual sebanyak 2-5 cc, itu berarti terdapat 400-2 milyar spermatozoa dikeluarkan dari kandungan air mani.

Air mani bisa dikatakan sebagai pelumas, karena dalam kandungannya juga terdapat unsur pelicin, dan bertindak sebagai pelicin. Akan tetapi fungsi air mani bukan pelumas, seperti kita ketahui 95% penis akan kehilangan ereksinya setelah mengalami ejakulasi, jadi pada saat air mani dikeluarkan, tidak perlu lagi adanya pelicin.

Pelumas yang dimaksud adalah air mazi, yaitu lendir yang dikeluarkan oleh kelenjar Copper. Saat laki-laki terangsang, akan keluar seperti bintik embun di depan saluran kelaminnya.

Untuk pertanyaan ke-3 , tentu saja air mani dapat menyebabkan kehamilan.

Tanya Jawab Bersama Dokter Hanny


Yth. Dokter Hanny,
Perkenalkan saya adalah seorang wanita berumur 35 tahun, saya punya beberapa pertanyaan seputar kewanitaan, apakah bisa pertanyaan tersebut disampaikan secara online? kalau bisa bagaimana caranya ? ditunggu ya dok informasinya... terima kasih.

Untuk tanya jawab, silahkan kirimkan melalui email: [dokter.hanny@gmail.com] atau via [xinbox] jangan lupa cantumkan alamat email anda dengan lengkap karena jawabannya akan di-email ulang.

Beberapa pertanyaan akan ditayangkan di blog ini untuk saling berbagi dengan pembaca lainnya yang mungkin punya permasalahan atau pengalaman yang sama. [ARSIP TANYA JAWAB]

Identitas terjamin kerahasiaannya.

Atau anda bisa mengikuti siaran radio "BUKA PINTU". Selengkapnya [klik di sini].

KLINIK PRAKTIK YANG BARU (PINDAH TEMPAT)
Mulai 24 Oktober 2010

MELINDA HOSPITAL BANDUNG [ peta lokasi ]
Jl. Pajajaran No.46 Bandung Telp. (022) 4222 788 - 4222 388
SENIN, RABU, JUMAT jam: 18.00-selesai.

SANTOSA HOSPITAL BANDUNG [ peta lokasi ]
Jl. Kebonjati no.38 Bandung Telp. (022) 4248 333
SELASA dan KAMIS jam: 18.00-selesai, SABTU jam 14.00-selesai.

Biografi

16 January 2010

[Terima kasih untuk sahabat saya, Ramdan, atas karikaturnya]


dr. H. Hanny Rono Sulistyo, Sp.OG(K), M.M. Pria kelahiran Haarlem-Belanda, 26 September 1953 ini terkenal aktif di segala bidang. Ini terlihat dari penghargaan dan prestasi yang telah diraihnya selama ini.

Masa-masa sekolah di TK, SD, SMP dan SMA ia habiskan di Bandung. Demikian pula pendidikan S1, S2-nya ia dapatkan di Universitas Padjajaran Bandung. Sekarang ia sedang merampungkan kuliah S3-nya di universitas yang sama angkatan 2003. Ia juga pernah kuliah di IMMI Jakarta.

Hobbinya di bidang olahraga seperti judo, tenis, mendaki gunung, tenis meja, juga renang membuat koleksi medalinya tak terhitung. Sebut saja :

  • Wanadri (1972),
  • Atlas Medical Pionir (1973),
  • Juara Nasional Judo Kelas Welter (1979-1981),
  • Juara Sea Games, Welter (1979),
  • Kejuaraan Dunia Judo Paris (1979),
  • Kejuaraan Dunia Judo Maastricht (1980),
  • Juara Rally Mobil Jakarta Metropolitan (1969), dan masih banyak lagi.
  • Teater Orexas, Remy Sylado (1970), melukis (Prof. Srihadi), fotografi (Perhimpunan Amatir Foto - Bandung) Modeling adalah sarana aktualisasi jiwa seninya.

Tidak cukup hanya dengan pendidikan formal, ia pun mengambil kursus/pelatihan dalam bidan kesehatan, seperti Sport Medicine, Maastricht, Belanda (1980), WHO USG di Universitas ZAGREB, Croatia (1990), Andrology di National University, Singapore. Keinginannya untuk menjadi yang terbaik membuatnya menyandang gelar lulus terbaik Penataran Judo Nasional (1972), Siswa Terbaik TNI AL Sepawamil III/1979, serta Lulus terbaik Diklatpim Angkatan II tahun 2001 Bandung.

Tak heran jika seabreg kegiatannya tersebut kemudian membuatnya aktif dalam berbagai organisasi. Ia pernah bergabung dengan Lembaga Kemaslahatan Keluarga, Lembaga Sosial Mabarrot NU Jabar, pernah menjabat sebagai wakil ketua Assosiasi Rumah Sakit Daerah Jabar (ARSADA) dan koordinator bidang Pengembangan ARSADA pusat, pengurus organisasi kedokteran IDI, POGI, YKI (Yayasan Kanker Indonesia), pengurus organisasi olahraga KONI, PELTI, PASI (Judo), FIKS, pengurus organisasi kemahasiswaan CSB, ketua Judo Institute Bandung (1997-2002), serta Ketua Alumni Haji SAFARI SUCI (2001).


Bersama para pengurus besar Judo Indonesia

Pernikahannya dengan dr. Hj. Ina Rosalina, SpA. M.Kes pada 5 Agustus 1987, telah dikaruniai tiga orang putra: Ayu Angelina, Putri Asterina, dan Doddy Kusumah.

Pekerjaan formal yang pernah dan sedang dijalaninya adalah:

  • Perwira TNI Angkatan Laut (1979-1983),
  • Kuliah sambil kerja FK UNPAD/RS DR HASAN SADIKIN (1983-1988),
  • Kepala Bagian Obsgin RS Majalaya (1988-1999),
  • Direktur PLH Majalaya (1998-1999),
  • Dosen LB UNPAD (sejak 1989),
  • Direktur RSUD Cibabat (2000-2007),
  • Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Barat (2007-2008),
  • Direktur RSUD BLUD al-Ihsan Propinsi Jawa Barat (2008-...).

::: Penyematan Siswa Terbaik TNI AL Sepawamil III/1979 :::


::: BUKA PINTU bersama pra kru Radio Mara FM :::

Di sela-sela kegiatannya itu ia masih menyempatkan diri mengisi rubrik Konsultasi Ahli di Majalah Percikan Iman, menjadi penceramah di Yayasan Percikan Iman, Pontren Daarut Tauhid, juga mengisi acara Buka Pintu di Radio Mara FM Bandung (106,7 MHz) setiap hari Selasa pukul 22.00-24.00 WIB.

Salah satu lagu favoritnya yang paling ia sukai adalah "My Way" - Frank Sinatra, menurut penuturannya, lirik lagu ini mencerminkan semangat juangnya dalam menggapai cita-cita.




Tak hanya itu, dokter yang satu ini pun ternyata punya bakat seni musik, salah satu gubahannya adalah "Pujaanku".

CONTACT PERSON:
Gani Yordani
0813 2296 1973
syurdani@yahoo.com