BIOGRAFI

BIOGRAFI
Sejarah dan Profil Keseharian

KOLEKSI BUKU

KOLEKSI BUKU
Buku-buku yang pernah dirilis

TIPS BERMANFAAT

TIPS BERMANFAAT
Kumpulan Tips-tips Bermanfaat

TANYA JAWAB

TANYA JAWAB
Konsultasi bersama dokter Hanny

Animasi Slider

Hidup yang Sukses Itu Ada di Saat Terakhir Hidup Kita

26 May 2010


Pada suatu kesempatan, seorang sahabat saya yang kebetulan berprofesi sebagai Warois di sebuah rumah sakit memaparkan pengalaman-pengalamannya yang menurut saya sangat mengagumkan.

Hampir setiap hari ia berkeliling ruangan untuk menjenguk pasien, berdialog dengan mereka dan menghibur mereka dengan doa-doa dan kisah-kisah penyemangat.

Di sela-sela rutinitasnya tersebut, atas kehendak Tuhan, sering ia dihadapkan pada situasi yang mencekam seperti saat pasien yang sedang menghadapi sakaratul maut.

Saya bisa merasakan bagaimana beratnya menghadapi situasi tersebut sebagaimana terlihat dari raut wajahnya saat ia menceritakan pengalaman-pengalamannya tersebut:

"Terus terang dok, saya tidak begitu mengenal dengan siapa yang saya hadapi, tapi cuma satu hal saja yang saya kenali dari mereka yaitu saat mereka menghadapi perkara yang sangat berat, 
SAKARATUL MAUT... 
sebuah perkara yang seorang Nabi bahkan Jibril pun tidak bisa berkuasa menghalanginya..."


Dan inilah kata-katanya yang membuat saya akan terkenang selalu:

"Di saat-saat seperti itu, ternyata apa yang kita miliki selama hidup di dunia ini tidak bisa memberikan manfaat sedikit pun, saya sadar bahwa saya bukanlah dalam posisi sebagai Tuhan. 
Terkadang Tuhan memperlihatkan kepada saya, sosok jiwa yang begitu tenang dan ikhlas saat menghembuskan nafas terakhirnya. 
Pemandangan seperti ini begitu menggugah perasaan saya, yang pada akhirnya menggiring pada sebuah kesadaran, ternyata inilah yang dinamakan Hidup Yang Sukses itu dok..."


Mutiara dari perkataannya adalah bahwa:

Indikator suksesnya hidup kita adalah di saat kita meninggal dengan husnul khotimah, sebuah akhir yang indah dengan jiwa yang tenteram menghadap Tuhannya.

Itulah yang dinamakan sebenar-benarnya arti dari HIDUP YANG SUKSES di mana segala sakit, lapar dan cemas yang kita perjuangkan dengan susah payah untuk melawannya dan segala kesabaran yang kita kerahkan habis-habisan, ternyata tidaklah sia-sia saat kita mengakhiri perjalanan hidup di dunia ini dengan keridhoan Tuhan kepada kita.

"Wahai jiwa yang tenang,
kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang tenteram lagi diridhoi-Nya.
Maka masuklah ke dalam jama'ah hamba-hamba-Ku,
dan masuklah ke dalam surga-Ku."
[Q.S. al-Fajr 89:27-30]


Photo courtesy: "Peaceful Ending" by Patrick Di Fruscia.

KLINIK PRAKTIK YANG BARU (PINDAH TEMPAT)
Mulai 24 Oktober 2010

MELINDA HOSPITAL BANDUNG [ peta lokasi ]
Jl. Pajajaran No.46 Bandung Telp. (022) 4222 788 - 4222 388
SENIN, RABU, JUMAT jam: 18.00-selesai

SANTOSA HOSPITAL BANDUNG [ peta lokasi ]
Jl. Kebonjati no.38 Bandung Telp. (022) 4248 333
SELASA dan KAMIS jam: 18.00-selesai, SABTU jam 14.00-selesai

ACARA DIALOG SEKS "BUKA PINTU"
Simak dialog seks dr. Hanny dalam program "BUKA PINTU" [Streaming Online di sini]
di Radio Mara FM 106.7 Mhz Bandung, setiap hari Selasa, jam 22.00-24.00
Telp interaktif: 022 - 7305244 atau SMS ke 0855 212 1067

KONSULTASI ONLINE
Untuk berkonsultasi silahkan kirimkan via email ke:
dokter.hanny@gmail.com atau klik [ di sini ]
Jawaban akan di-email balik dan identitas terjamin kerahasiaannya.

Berlangganan Artikel Dokter Hanny


Related Posts with Thumbnails