BIOGRAFI

BIOGRAFI
Sejarah dan Profil Keseharian

KOLEKSI BUKU

KOLEKSI BUKU
Buku-buku yang pernah dirilis

TIPS BERMANFAAT

TIPS BERMANFAAT
Kumpulan Tips-tips Bermanfaat

TANYA JAWAB

TANYA JAWAB
Konsultasi bersama dokter Hanny

Animasi Slider

Susah Hamil

19 April 2010


Assalamu'alaikum

Dokter saya wanita usia 22 tahun sudah menikah 2 tahun sampai saat ini belum juga dikaruniai momongan padahal saya tidak di KB.

Pernah ikut program hamil tapi belum berhasil. Sekarang saya sudah 1/2 thn berhenti kerja supaya saya tidak kecapean.

Apa yang harus dilakukan selain berdoa?

Terima kasih.
(Wanita, 22th, Indonesia)

  • Obat itu harus ditinjau oleh dokter.
  • Untuk sperma bila jumlah cukup banyak, nilainya 50 juta ke atas.
  • Bentuk sperma mungkin abnormal mungkin bisa terantisipasi.
  • Hablumminallah paling baik.
  • Baca artikel dibawah ini :

KEMANDULAN & ISLAM

“Assalamu'alaikum Wr Wb“

Kemandulan adalah suatu bentuk ujian dari Allah S.W.T., seringkali hal ini tidak di mengerti dan tidak jarang pula setan membisikan godaan sehingga kita berburuk sangka terhadapnya.

Insya allah, melalui tulisan ini, kita akan mendapatkan dua manfaat, yaitu mengenai rahasia Allah S.W.T., dalam bentuk ujian yang diberikannya (yang sering sukar untuk kita mengerti) dan di lain pihak orang yang dikatakan mandul bisa hamil dengan ijin-Nya.

Musibah Sebagai Rahasia Allah S.W.T.

Marilah kita kaji beberapa ayat al-Qur'an dan Hadits berikut ini:

1. Surat al-Baqarah (2) ayat 155:

Dan sesungguhnya akan kami berikan cobaan kepadamu dengan sedikiti ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar

Makna ayat tersebut dalam konteks pembahasan ini adalah:

  • Kesadaran bahwa apapun musibah atau hidup yang kita hadapi (dalam hal ini kesulitan dalam mendapatkan keturunan) adalah kehendak-Nya.
    Mengapa Allah memberikan cobaan kepada kita?...
    Jawabannya, tiada lain untuk menguji kematangan beragama kita dalam bertindak dan menghadapi kehidupan sehari-hari yang tidak lepas dari pantauan malaikat Raqib dan Atid sebagai pencatat hasil proses yang kita lakukan, sedangkan penilaiannya adalah Allah S.W.T. sendiri yang pengumumannya akan dilaksanakan pada waktu hisab.
    Gambaran ini tidak jauh dari apa yang pernah kita perhatikan, misalnya dalam bidang pendidikan, guru akan mengadakan ulangan untuk menguji muridnya kemudian hasilnya akan diumumkan pada waktu kelulusan.
  • Hasil yang terpenting di sini adalah pengaplikasian ayat-ayat Allah S.W.T. yang diajarkan kepada Rasulullah s.a.w. yang tertulis dalam kitab dan sunahnya. Jadi suatu kewajiban kita untuk mempelajari ilmu agama, sesuai tuntunan Allah dan Rasul-Nya dalam menjalankan dan mengatasi permasalahan hidup.

2. Nabi Muhammad s.a.w. bersabda: 

Tidak ada seorang hamba pun yang terkena musibah lalu berpegang kepada-Ku, kecuali Aku akan memberinya sebelum ia meminta kepada-Ku, dan Aku akan mengabulkannya sebelum dia berdoa kepada-Ku, dan tidak ada seorang hamba pun yang akan tekena musibah lalu bergantung kepada mahluk selain Aku, kecuali Aku tutup pintu-pintu langit baginya

Di sini Allah S.W.T., mengajarkan cara mengatasi musibah, yaitu dengan bermunajat kepada-Nya.

3. al-Junaidi al-Baghdadi berkata: 

Bala adalah penerang bagi orang-orang yang arif, kebangkitan bagi orang-orang yang menghendaki ridha Allah S.W.T., kebaikan bagi orang yang mukmin dan kebinasaan bagi mereka yang lengah! tidak seorang pun akan mendapatkan manisnya iman sehingga dia ditimpa bencana lalu ridha dan sabar

4. Jabir r.a. berkata bahwa Rasulullah s.a.w. telah bersabda:

Malu merupakan perhiasan, takwa merupakan kemuliaan dan sebaik baiknya kendaraan adalah sabar, menanti jalan keluar dari Allah S.W.T. adalah ibadah" (H.R. Hakim)

Secara harfiah, Islam berarti "beserah diri", oleh karena itu, memaksakan kehendak bukanlah metode yang terpilih secara Islam "kun fayakun", jadilah apa yang dikehendaki-Nya, bukan apa yang kita kehendaki.

Dalam hal ini, kesabaran merupakan metode yang dianjurkan oleh Islam. Namun makna sabar saat ini sudah disalahartikan bahkan sudah dianggap suatu “kebodohan” dalam masyarakat sehingga umat Islam mengalah demi menanggung sabar.

5. Rasulullah s.a.w. bersabda bahwa Allah S.W.T. berfirman:

Apabila aku sudah menimpakan musibah kepada badan, harta maupun anaknya, kemudian ia mengadapinya dengan kesabaran yang sempurna, maka Aku malu membuka catatan amalnya atau menegakan timbangan baginya pada hari kiamat kelak" (H.R. Dailami)

Semoga melalui kajian di atas timbul keyakinan kita bahwa musibah merupakan seuatu bentuk ujian keimanan yang akan dinilai dan dijadikan bahan pertimbangan pada waktu hisab.

Ilmu agama menjadi teori penanganannya, sedangkan sabar, takwa dan malu menjadi tampilannya. Jangan takut dalam menghadapi musibah karena dalam ayat terakhir surat al-Baqarah sebenarnya Allah S.W.T. telah memberikan penegasan bahwa seseorang tidak akan diberi cobaan kecuali apa yang mampu ditanggungnya,

(mereka berdoa) Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami bila kami lupa atau kami bersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kami apa yang tak sanggup kami pikul, beri maaflah kami, ampunilah kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir“.

Janganlah sekali-kali kita berburuk sangka kepada Allah S.W.T., karena apapun yang kita hadapi pasti sudah dirancang oleh Allah S.W.T, untuk kebaikan kita sendiri, tinggal bagaimana kita bisa bermuhasabah dalam
mencari maknanya.

Kemandulan adalah merupakan suatu "Cobaan Kesabaran". Seringkali kita tidak mampu menghadapi cobaan yang satu ini (kemandulan). Kita menangis dan sedih karena Allah S.W.T. belum juga mempercayakan keturunan sehingga menurunkan derajat keimanan, bahkan sampai berburuk sangka kepada Allah S.W.T., hal ini tentunya akan menjauhkan kita darinya. Padahal kita membutuhkan seruan-Nya untuk
mandapatkan apa yang kita impikan.

Secara medis, dari data-data statistik didapatkan beberapa kendala yang dihadapi pasangan yang mandul, yaitu:

  1. Pria: kurang baiknya spermatozoa, dan atau ketidakmampuan pria memasukan spermatozoa-nya ke dalam liang senggama (ejakulasi yang sangat berat).
  2. Wanita: ada 3 (tiga) faktor penyebab kamandulan yaitu: (a) sumbatan pada saluran telur (tuba falopii), (b) ketidakmampuan indung telur melakukan ovulasi yang baik (pengeluaran sel telur matang dari indung telur), (c) dan masalah nidasi (penempatan zygote/bakal janin pada endometrium).

Masalah stres juga mempengaruhi kualitas (spermatozoa) walaupun tidak ada dalam bilangan yang ekstrim, akan tetapi pada wanita stres, ini akan menjadi faktor yang sangat penting pada waktu nidasi.

Bakal janin masuk ke dalam rongga rahim sekitar 7 s/d 8 hari sebelum tanggal haid yang akan dating.

Bakal janin yang akan menyempurnakan plasenta-nya ia juga akan segera tumbuh memanjang ke atas, sehingga pada keesokan harinya (7 hari sebelum haid) calon janin ini sudah berbentuk suatu pipa panjang dengan plasenta sederhana yang menghubungkan dengan dasar (endometrium).

Hormonal tubuh ibu yang dibentuk karena stres akan merusak dan menunggunya sehingga calon janin ini tidak akan bertahan hidup dan haid akan kembali dating setelah beberapa hari.

Kita tentunya pernah tahu adanya pasangan mandul yang sudah berikhtiar bertahun-tahun tanpa hasil. Tetapi tanpa bantuan medis, mendadak hamil sendiri setelah beberapa belasan tahun kemudian, MENGAPA?...

Hal terjadi biasanya ibu tersebut menjadi putus asa dan berhenti berharap, dengan sendirinya maka stres pun akan hilang, hormonal tubuh itu menjadi normal kembali dan saat itu calon janin bias tumbuh tanpa adanya gangguan berarti, artinya selama bertahun-tahun dikungkungi perasaan stres, sebenarnya si ibu mengirimkan zat-zat berbahaya yang bisa membunuh calon janin.

Hal yang sama pun terjadi pada ibu-ibu yang mengambil bayi (adopsi) untuk “pemancingan”. Bila bayi baru itu bias memberikan ketenangan yang menghilangkan stresnya, ia akan bisa “terpancing” atau akan hamil, akan tetapi apabila dalam mengurus bayi tersebut merasa kelelahan dan membuat keadaann bertambah stres, kemungkinan hamil akan tipis.

TIPS KEHAMILAN

Jadi, ada 2 (dua) ikhtiar utama yang harus dilakukan untuk hamil, yaitu habluminallah dan habluminnanas.

Bagaimana cara supaya bisa mendapatkan ridha Allah S.W.T.?... Prinsip utamanya adalah bagaimana cara
kita bisa “mengambil hati” Allah S.W.T. dengan cara menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.

Beberapa hal yang dapat dilakukan adalah:

  • Mempelajari kitab-Nya dengan khatam yang cepat dan baik. Banyak cara untuk meng-khatam-kan al-Qur'an walaupun caranya belum tahsin (benar) dalam membacanya, misalnya dengan bantuan seorang tutor atau bisa pula digunakan beragam alat elektronika seperti kaset, VCD, atau MP3 al-Qur'an. Dengan melakukan ini, diharapkan akan terbaca pesan-pesan Allah S.W.T. kepada kita, inilah cara yang terbaik.
  • Tidak meninggalkan ibadah wajib dan menambahnya dengan ibadah sunat. 

Tak Lupa Lakukanlah Dengan Suami Istri:

  • Bermunajat kepada-Nya. Ada beberapa doa yang bisa kita gunakan, misalnya doa dalam Surat al-Imran (3) ayat 35-41, Surat al-Hijr (15) ayat 51-56, Surat Maryam (19) ayat 1-11, Surat al-Anbiya' (21) ayat 89-90 dan sebaiknya ditutup dengan Surat al-Baqarah (2) ayat terakhir (286).
  • Memperbanyak Dzikir.
  • Membersihkan pikiran kita dari kotoran-kotoran duniawi.
  • Menjaga 7 (tujuh) pintu qalbu kita agar setan tidak bisa lagi, yaitu 2 (dua) lubang hidung, 2 (dua) lubang telinga, 2 (dua) mata dan mulut yang senantiasa kita bersihkan sebelum shalat.
  • Berwudhu dan berdoa sebelum bersenggama.

Tak Lupa Bantuan Medis:

  • Catat semua tanggal haid dan kejadian luar biasa (sakit atau tegang), haid yang teratur jaraknya antara hari pertama ke hari pertama berikutnya selama sekitar 6 kali berturut turut (6 bulan) menunjukkan siklus yang subur, artinya sel telur matang yang dikeluarkan indung telur setiap bulannya.
  • Catat semua tanggal bersenggama, jadwal sengama terbaik adalah 3 kali sehari karena apabila kita senggama hari ini, sperma esok harinya terlalu muda, demikian hari berikutnya besok lusanya. Pada hari ketiga, sperma mencapai kematangan dan keesokan harinya sudah mulai membusuk. Sperma juga bisa “Kawin” bila dating sel telur matang dalam tuba falopii.
  • Memeriksakan kualitas sperma di laboratorium (sebaiknya sperma hari ketiga atau sperma yang baik dan dikeluarkan scara masturbasi karena jika dengan cara senggama perhitungan sperma tidak akurat karena bisa terjatuh di luar).
  • Memeriksakan sumbatan saluran telur dengan cara foto HSG atau hysterosalphingcgraphy. Dilakukan setelah haid (normal) kering dan belum senggama. Oleh karena ini HSG ini menggunakan sinar X yang sangat merusak janin, yakinkan tidak ada kehamilan. Kalau haid meragukan atau sedikit, bisa dilakukan tes kehamilan dulu. Biayanya antara 10 s/d 400 ribu bergantung pada kualitas alat yang dipergunakan.
  • Membawa data-data ini kepada dokter kandungan yang ahli di bidang kesuburan.

KESIMPULAN

Kehamilan meruapakan salahsatu dari tanda-tanda kebesaran Allah S.W.T., bagi manusia, mengupayakan suatu kehamilan bisa menjadi teramat sulit sedangkan bagi Allah S.W.T., sangat mudah.

Banyak pengalaman yang penulis alami dari para pasien yang telah berupaya bertahun-tahun.Alhamdulillah bisa hamil dengan cara di atas. Bahkan sebelum tindakan medis. Subhanallah… Subhanallah… Subhanallah…

Marilah kita bersama-sama KJB (Kembali ke Jalan yang Benar), menjalani Islam secara kaffah dan menikmati serta mensyukuri karunia Allah yang telah kita terima...

Amiin Ya Rabbal'alamiin

“Wassalam“


KLINIK PRAKTIK YANG BARU (PINDAH TEMPAT)
Mulai 24 Oktober 2010

MELINDA HOSPITAL BANDUNG [ peta lokasi ]
Jl. Pajajaran No.46 Bandung Telp. (022) 4222 788 - 4222 388
SENIN, RABU, JUMAT jam: 18.00-selesai

SANTOSA HOSPITAL BANDUNG [ peta lokasi ]
Jl. Kebonjati no.38 Bandung Telp. (022) 4248 333
SELASA dan KAMIS jam: 18.00-selesai, SABTU jam 14.00-selesai

ACARA DIALOG SEKS "BUKA PINTU"
Simak dialog seks dr. Hanny dalam program "BUKA PINTU" [Streaming Online di sini]
di Radio Mara FM 106.7 Mhz Bandung, setiap hari Selasa, jam 22.00-24.00
Telp interaktif: 022 - 7305244 atau SMS ke 0855 212 1067

KONSULTASI ONLINE
Untuk berkonsultasi silahkan kirimkan via email ke:
dokter.hanny@gmail.com atau klik [ di sini ]
Jawaban akan di-email balik dan identitas terjamin kerahasiaannya.

Berlangganan Artikel Dokter Hanny


Related Posts with Thumbnails