BIOGRAFI

BIOGRAFI
Sejarah dan Profil Keseharian

KOLEKSI BUKU

KOLEKSI BUKU
Buku-buku yang pernah dirilis

TIPS BERMANFAAT

TIPS BERMANFAAT
Kumpulan Tips-tips Bermanfaat

TANYA JAWAB

TANYA JAWAB
Konsultasi bersama dokter Hanny

Animasi Slider

Melacak Ovulasi Dengan Observasi Lendir

15 February 2011

Cervical Mucus serupa dengan cairan yang dihasilkan oleh leher rahim (cervix) sebagai respon dari perubahan hormonal selama siklus menstruasi. Cervical mucus muncul dalam dua bentuk, Mesh Mucus (lendir jaring) dan Motorway Mucus (lendir jalan tol). Istilah keduanya dikaitkan dengan fungsinya yang fleksibel, yaitu dalam waktu tertentu ia bisa mencegah masuknya sperma dan di waktu yang lain ia justru mempermudah sperma untuk bergerak masuk menuju tuba falopi.

Oleh karena pola perubahan karakter tergantung dari terjadinya ovulasi, maka anda dapat melacak masa ovulasi dengan mendeteksi keberadaan Cervical Mucus pada leher rahim dan vagina anda.


KONDISI MESH MUCUS

Setelah darah menstruasi benar-benar berakhir (awal baru siklus menstruasi), vagina atau di area leher rahim khususnya pada pintu masuk rahim (os) akan terasa dalam kondisi kering (Dry Days). Pada saat ini rahim belum menghasilkan (sekresi) cervical mucus.

Di saat ovarium mulai memproduksi sel telur di masa fase Follicular (sebelum ovulasi), leher rahim mulai memproduksi cervical mucus. Pada awalnya cervical mucus ini cenderung lebih tebal, padat, lengket, dan berwarna putih tua atau kuning tua, kondisi ini disebut dengan Mesh Mucus.


Mesh Mucus yang padat merekat dapat menyebabkan sperma sulit untuk menembusnya, oleh karena itulah ia seringkali disebut sebagai "Pagar Rahim" karena fungsinya sebagai "Lendir Penjaring" yaitu pada saat ini banyak sperma yang terjaring karena tidak bisa melanjutkan perjalanannya menuju tuba falopi untuk menemui sel telur matang. Sperma-sperma yang terjaring kemudian akan mati oleh karena saat itu Mesh Mucus dalam kondisi kadar asam yang tinggi.

Kapan Mesh Mucus ini akan muncul? di antaranya saat memasuki awal siklus menstruasi atau saat terjadi kehamilan akibat sel telur sudah dibuahi oleh sperma.




KONDISI MOTORWAY MUCUS

Ketika akan memasuki hari ovulasi, cervical mucus mulai berubah bentuk dari sebelumnya. Lakukan observasi pada vagina anda sebelum kencing. Caranya, gunakan tisu steril lalu usapkan pada vagina, kemudian perhatikan warna dan teksturnya. Bila lendir tersebut cenderung berwarna bening seperti cairan bening telur (Raw Egg White), licin (Slippery), dan bila diregangkan di antara dua jari ia ikut meregang (Stretchable), maka kemungkinan besar anda sudah memasuki masa ovulasi yang paling baik untuk mendapatkan kehamilan.


Keadaan ini membuat sperma-sperma dapat dengan mudah masuk untuk bergerak menuju tuba falopi. Hal ini karena tekstur cervical mucus yang tipis, licin, dan berkadar basa (rendah asam), yang mempermudah gerak laju sperma.


Mungkin teknik observasi pada cervical mucus ini adalah teknik yang paling murah dan mudah untuk dilakukan dalam melacak waktu ovulasi anda. Dengan mengetahui karakteristik anatomi lendir, kemudian mencatat observasi anda, maka anda akan mengetahui kapan hari tersubur untuk mendapatkan kehamilan yaitu dengan melihat lendir di vagina anda.



ARTIKEL TERKAIT:



KLINIK PRAKTIK YANG BARU (PINDAH TEMPAT)
Mulai 24 Oktober 2010

MELINDA HOSPITAL BANDUNG [ peta lokasi ]
Jl. Pajajaran No.46 Bandung Telp. (022) 4222 788 - 4222 388
SENIN, RABU, JUMAT jam: 18.00-selesai

SANTOSA HOSPITAL BANDUNG [ peta lokasi ]
Jl. Kebonjati no.38 Bandung Telp. (022) 4248 333
SELASA dan KAMIS jam: 18.00-selesai, SABTU jam 14.00-selesai

ACARA DIALOG SEKS "BUKA PINTU"
Simak dialog seks dr. Hanny dalam program "BUKA PINTU" [Streaming Online di sini]
di Radio Mara FM 106.7 Mhz Bandung, setiap hari Selasa, jam 22.00-24.00
Telp interaktif: 022 - 7305244 atau SMS ke 0855 212 1067

KONSULTASI ONLINE
Untuk berkonsultasi silahkan kirimkan via email ke:
dokter.hanny@gmail.com atau klik [ di sini ]
Jawaban akan di-email balik dan identitas terjamin kerahasiaannya.

Berlangganan Artikel Dokter Hanny


Related Posts with Thumbnails