BIOGRAFI

BIOGRAFI
Sejarah dan Profil Keseharian

KOLEKSI BUKU

KOLEKSI BUKU
Buku-buku yang pernah dirilis

TIPS BERMANFAAT

TIPS BERMANFAAT
Kumpulan Tips-tips Bermanfaat

TANYA JAWAB

TANYA JAWAB
Konsultasi bersama dokter Hanny

Animasi Slider

NAMIK KEMAL YOLGA - Muslim Turki Penyelamat Yahudi Paris

07 March 2011

Namik Kemal Yolga (1914-2001) adalah seorang konsulat penasehat di kedutaan Turki di Paris selama Perang Dunia II sejak tahun 1940 berjarak dua bulan sebelum Jerman menginvasi Perancis. Yolga seringkali disebut sebagai Schindler-nya Turki (Turkish Schindler) karena pola penyelamatannya mirip dengan Oskar Schindler.

Saat itu di Drancy, sebuah area di Paris utara, terdapat sebuah bekas barak kepolisian Perancis yang dikonversi oleh Nazi Jerman mulai 3 Juli 1943 menjadi kamp transit untuk mendeportasi Yahudi beberapa ke kamp konsentrasi di Perancis dan Jerman.

Karena dalam kamp tersebut terdapat pula tawanan Yahudi Turki, Yolga dengan berani mengevakuasi satu per satu Yahudi Turki dari kamp Drancy yang kemudian dipindahkan ke tempat yang lebih aman. Dari semua Yahudi Turki yang ada di kamp tersebut, hanya satu orang yang tidak sempat dievakuasi Yolga karena ia lebih dulu dideportasi ke kamp konsentrasi di Jerman.

Dalam sebuah biografinya, Yolga menceritakan:

"Setiap kali kami mendengar ada Yahudi Turki ditangkap dan dikirim ke Drancy, kedutaan Turki mengirimkan ultimatum kepada kedutaan Jerman di Paris dan meminta mereka untuk melepaskan warganya yang ditahan tersebut, khususnya ketika kami menyinggung bahwa kebijakan di Turki tidak pernah mengenal diskriminasi ras atau agama melainkan mereka punya hak yang sama sebagai warga negara Turki.

Oleh karenanya sekalipun mereka Yahudi, tetapi mereka tetap warga negara Turki dan Jerman tidak berhak menahan mereka sebagaimana status Turki dalam status negara netral selama Perang Dunia II. Saya kemudian langsung menuju kamp Drancy untuk menjemput mereka kemudian dipindahkan ke tempat yang aman.

Sepanjang yang saya ketahui, hanya satu Yahudi Turki yang berasal dari Bordeaux yang terlambat telah dikirim ke kamp konsentrasi di Jerman, di mana kedutaan Turki tidak punya jangkauan di sana saat itu"
.

Pasca Perang Dunia II, Namik Kemal Yolga ditugaskan sebagai Duta Besar Turki untuk Italia, Perancis, Venezuela, Iran dan Rusia, terakhir ia menjabat sebagai Sekretaris Jenderal di Kementerian Luar Negeri Turki.

Pada tahun 1998, Yolga menerima penghargaan 500. Yil Vakfi dari Quincentennial Foundation, sebuah LSM yang didirikan oleh 113 Yahudi dan Muslim Turki berbasis di Istanbul, LSM ini pun mendirikan Jewish Museum of Turkey (Zulfaris Synagogue). Bersama-sama Selahattin Ulkumen dan Necdet Kent, Yolga mendapat Turkey’s Supreme Service Medal dari Pemerintah Turki.

Namik Kemal Yolga (1914-2001)



ARTIKEL TERKAIT:



KLINIK PRAKTIK YANG BARU (PINDAH TEMPAT)
Mulai 24 Oktober 2010

MELINDA HOSPITAL BANDUNG [ peta lokasi ]
Jl. Pajajaran No.46 Bandung Telp. (022) 4222 788 - 4222 388
SENIN, RABU, JUMAT jam: 18.00-selesai

SANTOSA HOSPITAL BANDUNG [ peta lokasi ]
Jl. Kebonjati no.38 Bandung Telp. (022) 4248 333
SELASA dan KAMIS jam: 18.00-selesai, SABTU jam 14.00-selesai

ACARA DIALOG SEKS "BUKA PINTU"
Simak dialog seks dr. Hanny dalam program "BUKA PINTU" [Streaming Online di sini]
di Radio Mara FM 106.7 Mhz Bandung, setiap hari Selasa, jam 22.00-24.00
Telp interaktif: 022 - 7305244 atau SMS ke 0855 212 1067

KONSULTASI ONLINE
Untuk berkonsultasi silahkan kirimkan via email ke:
dokter.hanny@gmail.com atau klik [ di sini ]
Jawaban akan di-email balik dan identitas terjamin kerahasiaannya.

Berlangganan Artikel Dokter Hanny


Related Posts with Thumbnails