BIOGRAFI

BIOGRAFI
Sejarah dan Profil Keseharian

KOLEKSI BUKU

KOLEKSI BUKU
Buku-buku yang pernah dirilis

TIPS BERMANFAAT

TIPS BERMANFAAT
Kumpulan Tips-tips Bermanfaat

TANYA JAWAB

TANYA JAWAB
Konsultasi bersama dokter Hanny

Animasi Slider

Berhubungan Seks Selama Hamil

24 February 2011


Apakah aman berhubungan seks ketika hamil? Tentu saja boleh, selama kehamilan anda dinyatakan sehat dan normal secara medis.

Seperti yang telah diuraikan pada artikel sebelumnya, ketika hamil, pintu rahim anda ditutupi oleh cervical mucus yang sedang dalam kondisi Mesh Mucus, ia berbentuk lebih tebal, padat, dan lengket, sehingga tidak bisa dilalui oleh sperma sekaligus menjadi pelindung rahim (yang sedang memelihara janin) dari infeksi.


Selain diproteksi oleh Mesh Mucus, janin anda pun sebenarnya dilindungi pula oleh kantung ketuban (Amniotic sac) dan otot-otot yang kuat pada rahim.



KONDISI TERTENTU TIDAK DISARANKAN

Ada kondisi tertentu yang mungkin disarankan untuk berhati-hati dalam berhubungan seks saat hamil, seperti misalnya bila ditemukan perdarahan atau bercak di awal masa kehamilan anda. Tetapi ada pula kondisi tertentu yang disarankan untuk tidak melakukan hubungan seks saat hamil, seperti di antaranya bila ditemukan kasus-kasus:

  • Janin kandungan anda dalam posisi Placenta praevia, yaitu posisi placenta yang rendah atau berada lebih dekat dengan leher rahim.
  • Kondisi Cervical mucus yang tidak normal saat hamil.
  • Perdarahan yang banyak di awal kehamilan, hal ini di antaranya bisa disebabkan oleh keguguran atau kehamilan yang ektopik (Ectopic pregnancy).
  • Mengidap penyakit tertentu yang berbahaya.


Sangat direkomendasikan untuk berkonsultasi dengan dokter konsulen anda guna mengetahui lebih pasti mengenai hal ini.


PERTANYAAN UMUM DAN MITOS

Gerakan menghentak janin? Saat anda mencapai orgasme, mungkin janin terasa seperti bergerak atau merespon dengan hentakan. Tidak perlu khawatir, ini adalah hal biasa disebabkan oleh debar jantung anda, bukan dikarenakan sang janin merasa kesakitan.

Adakah kaitan hubungan seks saat hamil dengan kelahiran prematur? Banyak hasil penelitian yang menyebutkan bahwa tidak ada hubungan antara aktifitas seksual selama hamil dengan kelahiran prematur. Khusus bilamana anda mempunyai riwayat pernah melahirkan secara prematur, mungkin lebih disarankan untuk tidak melakukan hubungan seks pada trimester akhir masa kehamilan anda.

Bagaimana sensasinya? Sensasi kenikmatan saat berhubungan seks ketika hamil, bisa berbeda-beda pada setiap wanita. Beberapa di antaranya ada yang merasakan sensasi lebih dibandingkan berhubungan seks saat tidak hamil. Sedangkan lainnya, bisa sebaliknya, atau terkadang merasakan keram otot setelah melakukan hubungan seks.

Apakah oral sex aman dilakukan selama hamil? Oral sex tidak akan menyakiti bayi anda, bahkan mungkin hal ini menjadi solusi yang disarankan bilamana hubungan seks normal dianggap terlalu beresiko terhadap kandungan anda.

Bagaimana gaya seks yang paling cocok? Pada intinya jangan sampai menekan perut (abdomen) kandungan karena hal ini dapat mengurangi suplai oksigen pada janin. Posisi yang terbaik dan paling nyaman dalam berhubungan seks selama hamil yaitu Side-Lying (Lie Sideways) di mana suami dan istri berbaring ke arah yang sama yaitu ke arah samping.

Posisi Side-Lying



Alternatif posisi lainnya


KLINIK PRAKTIK YANG BARU (PINDAH TEMPAT)
Mulai 24 Oktober 2010

MELINDA HOSPITAL BANDUNG [ peta lokasi ]
Jl. Pajajaran No.46 Bandung Telp. (022) 4222 788 - 4222 388
SENIN, RABU, JUMAT jam: 18.00-selesai

SANTOSA HOSPITAL BANDUNG [ peta lokasi ]
Jl. Kebonjati no.38 Bandung Telp. (022) 4248 333
SELASA dan KAMIS jam: 18.00-selesai, SABTU jam 14.00-selesai

ACARA DIALOG SEKS "BUKA PINTU"
Simak dialog seks dr. Hanny dalam program "BUKA PINTU" [Streaming Online di sini]
di Radio Mara FM 106.7 Mhz Bandung, setiap hari Selasa, jam 22.00-24.00
Telp interaktif: 022 - 7305244 atau SMS ke 0855 212 1067

KONSULTASI ONLINE
Untuk berkonsultasi silahkan kirimkan via email ke:
dokter.hanny@gmail.com atau klik [ di sini ]
Jawaban akan di-email balik dan identitas terjamin kerahasiaannya.

Berlangganan Artikel Dokter Hanny


Related Posts with Thumbnails